Cespleng Membaca Cara Berpikir Kompetitor Bisnis Dari Produk

Cespleng Membaca Cara Berpikir Kompetitor Bisnis Dari Produk

Ketrampilan dalam hal ini pun juga meliputi banyak hal yang pastinya sangat dibutuhkan untuk mengembangkan suatu bisnis atau usaha. Bahkan faktor utama dalam menentukan keberhasilan dalam berbisnis adalah ketrampilan dalam hal berfikir tentang bisnis itu sendiri. Untuk menjadi seorang yang kreatif dan inovatif dalam berbisnis, biasakan diri berpikir positif dan jeli dalam melihat celah.

Jadi, mulai dari sekarang kita harus berani dalam berpikir secara terbuka. Berpikir kreatif atau artistic thinking juga dapat diartikan sebagai cara berpikir yang dilakukan di luar batas, alias cara berpikir kita itu tidak biasa namun luar biasa. Memang benar bahwa sebagian orang memiliki bakat alami dari dalam dirinya untuk bisa berpikir kreatif. Dengan kata lain, creative pondering atau indikator berpikir kreatif memang sudah tertanam di dalam dirinya semenjak lahir.

Amatilah setiap proses kerja yang sedang berlangsung, dengan begitu Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang segala sesuatu dapat bekerja dan akan mengasah keterampilan analitis Anda. Orang kreatif adalah yang punya kedisiplinan untuk terus menciptakan ide-ide baru dan ketekunan untuk mewujudkan ide-ide mereka. Jelajahi internet, majalah, buku, tersesa di kota atau negara asing, pameran dll. Lakukan hal positif yang belum atau jarang dikerjakan, berinteraksi dengan anak-anak, kerja sosial, dll karena dapat melatih kreativitas Anda. Contoh lainnya, jika dahulu semua transaksi dicatat secara handbook, kamu bisa membuat inovasi untuk meningkatkan efisiensi operasional usahamu dengan mengimplementasikan aplikasi kasir on-line. Dalam berbisnis dibutuhkan ide-ide segar yang dapat memunculkan suatu inovasi atau terobosan, yang berakibat pada tingginya angka penjualan.

Yang disayangkan, lanjut Tiko, terkadang tekfin hanya sebatas berusaha memberikan solusi kepada konsumen jasa keuangan, tanpa melihat dari segi bisnis. Maksud Tiko, tekfin sering punya inovasi-inovasi yang secara komersial tidak sustainable sehingga produk tersebut sudah tidak menarik bagi konsumen sebelum perusahaan mendapat keuntungan. Hal itu yang menyulitkan perbankan khususnya Bank Mandiri sendiri dalam rangka berkolaborasi dengan pelaku tekfin.

Berfikir dalam bisnis

Tentu saja, kritik bisa membangun – tetapi juga bisa sangat merusak dan menyebabkan Anda meragukan diri sendiri. Merencanakan bisnis dan menetapkan tujuan dalam bisnis memang sangat penting. Segala sesuatu yang ada di semesta ini dimulai dari pikiran, menjadi kemungkinan, menjadi tujuan, hingga melahirkan perbuatan, dan menghasilkan kenyataan. Perlu anda sadari bahwa segala sesuatu bentuk penemuan manusia di abad modern ini berawal dari pikiran mereka.

Pasalnya, orang dengan pemikiran kritis dapat meningkatkan keterampilan intelektual yang fleksibel, memiliki kemampuan menganalisis informasi, dan mengintegrasikan berbagai sumber pengetahuan untuk memecahkan masalah. Salah satu cara terbaik untuk memperkuat keterampilan berpikir logis Anda adalah dengan mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang biasanya Anda terima sebagai fakta. Mengajukan pertanyaan secara teratur membantu Anda melihat situasi secara lebih lengkap, memungkinkan Anda untuk mendekati masalah di tempat kerja dengan lebih logis dan kreatif. Berpikir logis adalah tindakan menganalisis situasi dan menghasilkan solusi yang masuk akal. Mirip dengan berpikir kritis, berpikir logis membutuhkan penggunaan keterampilan penalaran untuk mempelajari masalah secara objektif, yang akan memungkinkan Anda untuk membuat kesimpulan rasional tentang bagaimana melanjutkan. Ketika Anda menggunakan fakta-fakta yang tersedia untuk Anda untuk mengatasi masalah yang mungkin Anda hadapi di tempat kerja, misalnya, Anda menggunakan keterampilan penalaran logis.

“Petani lama menunggu panen 4-5 bulan hanya mendapatkan gabah saja, untungnya cuma Rp 1 ribu per kilogram. Kalau dikeringkan dan digiling dengan menggunakan RMU, bisa menghasilkan beras dengan harga Rp 9 ribu per kilogram,” tuturnya. Di sisi lain, orang-orang yang element penuh perencanaan, rapi, perfeksionis, tetapi kadang tidak mudah untuk memulai sesuatu atau membuat prioritas.

Seorang pribadi yang sukses juga tidak akan pernah merasa takut membuat kesalahan, karena menurut mereka kesalahan adalah sebuah proses belajar dan mereka memahami bagaimana cara belajar dari kesalahan. Mereka akan menuliskan rencana step-by-step untuk meraih tujuan tersebut, salah satunya dengan menyusun Bisnis Plan. Namun, seorang pengusaha yang sukses pasti akan memahami bahwa masalah dan hambatan akan selalu datang. Jika Anda meyakini wirausaha adalah sebuah gaya hidup, passion atau kesukaan maka ketika dalam masa kegagalan pasti tidak akan ada pikiran untuk menyerah.

Kita yang biasanya tidak berminat dengan politik pun, sedikit banyak mulai mengamati bagaimana partai-partai berstrategi untuk memperoleh “kemenangan”. Ada yang berkomentar bahwa ada partai yang menunggu “di tikungan”, ada juga yang menganalisis bahwa pada detik-detik terakhir akan ada partai yang berbalik arah pula. Ya, partai politik jelas harus pandai berstrategi, misalnya dengan berkoalisi untuk memenangkan suara terbanyak ataupun memenangkan “agenda” partainya secara jangka panjang. Di sisi lain, perusahaan atau pimpinan organisasi pun jelas perlu pintar berstrategi, untuk memenangkan kompetisi bisnis, meraih pelanggan sebanyak-banyaknya, bahkan juga untuk “survival” perusahaan. Dengan berpikir besar, kita akan tertantang untuk mencapai tujuan yang besar.

Comments are closed.